Implementation of TOPSIS in Strategic Management for Selecting the Best Airline: Case Study of PT XYZ
Implementasi TOPSIS Dalam Manajemen Strategi Untuk Pemilihan Maskapai Terbaik : Studi Kasus Perjalanan Dinas PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.12345/je.v9i1.197Keywords:
TOPSIS, Decision Support System, Airline Selection, Business TravelAbstract
Untuk menjaga efektivitas biaya, perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat maskapai mana yang akan digunakan untuk perjalanan dinas. Untuk membantu perusahaan memilih maskapai terbaik berdasarkan faktor-faktor seperti biaya, kenyamanan, pelayanan, dan ketepatan waktu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan teknik TOPSIS. Informasi yang digunakan mencakup ketepatan waktu penerbangan, kenyamanan armada, tarif tiket, dan pelayanan dari berbagai maskapai. Perhitungan metode TOPSIS menunjukkan bahwa Maskapai B adalah pilihan terbaik, diikuti oleh Maskapai D dan Maskapai E. Hasil perhitungan nilai preferensi menunjukkan bahwa Maskapai B menduduki peringkat pertama dengan nilai preferensi tertinggi 0,6862, diikuti oleh Maskapai D yang berada di peringkat kedua dengan nilai preferensi 0,6623. Maskapai E berada di peringkat ketiga dengan nilai preferensi 0,4406, dan Maskapai F berada di peringkat keempat dengan nilai 0,4289. Maskapai C berada di peringkat kelima dengan nilai preferensi 0,4278, sedangkan Maskapai A menduduki peringkat terakhir dengan nilai preferensi 0,2295. Sistem ini dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam memilih maskapai terbaik untuk perjalanan dinas.